Minggu, 15 Juli 2012

Mengenal Karunia Roh Kudus


Roh kudus Kau lembut, Kau manis, Kaulah pelindungku
Penolongku diutus Bapaku..
Sudah terima Roh kudus? Ya Roh Kudus memang sudah dicurahkan Tuhan sejak kita lahir, untuk menemani, menghibur, dsb. Bagi orang Katolik diterimakan ketika di Bapstis(simbolisasi). Klo pingin tau Roh kudus gimana, aku gambarinnya dengan singa, hmm bukan hanya singa tapi sesuatu yang begitu buas yang punya kekuatan luar biasa, tapi nurut banget sama Tuhan. Roh kudus itu ada dalam kedalaman hati kita, Cuma sayangnya terpenjara, segala kekuatannya tersimpan dalam ruangan gelap yang suram. terpenjara oleh manusia, perasaan akal budi kita seringkali membatasi pergerakan Roh kudus dalam hidup ini. SHDR(seminar Hidup Dalam Roh) adalah sarana yang digunakan Katolik Karismatik untuk membuat setiap hati manusia mengenal kembali Roh Kudus tersebut.
Dan retret 3 hari 2 malam yang kuiikuti ini membuka mataku mengenai kekuatan Roh Kudus. Roh Kudus yang diutus Bapa bukan hanya sekedar Roh yang menyala dan redup seenaknya, Roh ini mempunyai kuasa untuk mendekatkan setiap orang kepada Tuhan. “kamu akan menerima Kuasa jika Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu” (Kis1:8).
Melihat di Tv banyak orang yang mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan orang lain, adalah sesuatu yang luar biasa, orang itu akan jadi terkenal seketika, entah pake batu, air, dan segala cara. Bagiku itu juga luar biasa, akalku ndak nyampe. Bahkan banyak juga penyembuhan dalam nama Yesus. Menurutku itu luar biasa, dan aku ndak percaya klo itu terjadi disekitarku. Karena menurutku, hanya orang yang bermiditasi, berdoa terus setiap harinya yang dapat melakukannya. Sesuatu yang kurang masuk akal bila itu dilakukan oleh orang yang kukenal, apalagi katanya, “Dengan iman, akupun bisa melakukannya” Wow! Luar biasa bukan?  Kedegaran sesuatu yang sangat amat mustahil. Tapi inilah karya Roh Kudus. Tuhan Cuma ingin hati yang percaya bukan hati yang hebat.
Karunia dari Roh kudus ada banyak macam, yaitu karunia Bahasa Roh dan penafsirannya, Karunia Iman, Karunia nubuat, Karunia Penyembuhan, Karunia sabda pengetahuan, Karunia Discerment. Karunia-karunia tersebut digunakan untuk menguduskan diri, dan membangun jemaat. Dalam retret yang diadakan BPK Surabaya ini juga dilengkapi dengan workshop, bagaimana aku belajar menggunakan kuasa tersebut.
Kuncinya cuma percaya aja, dan ketika Tuhan sudah memberikan kuasanya, kuasa itu harus digunakan secara benar. Bukan untuk kesombongan pribadi, bukan untuk mencari uang, melainkan untuk kemuliaan Tuhan. Ketika sudah diberikan kuasa, berati kita andil dalam tugas besarnya Tuhan untuk menyelamatkan dunia. Sesuatu yang berat? Jangan Khawatir Roh Kudus akan mempersenjatai kita.
Aku ketika didoakan juga merasa itu adalah hal yang konyol, sempat terpikir begitu. Tapi bukankah jatuh cinta memang bikin kamu konyol? Kamu menolong sesama dengan karunia-karunia itu dasarnya adalah cinta kasih. Saat ada keingin hati yang terdalam untuk membantu orang itu, menyelesaikan masalah pergumulannya misalnya, maka mohonkanlah pada Tuhan, dan doakan dengan sungguh2, dalam nama Yesus kalian akan dapat karunia sabda pengetahuan untuk mengetahui akar permasalahannya, dan kalian akan bernubuat yang tepat menyentuh hati orang itu, dan orang tersebut akan dipulihkan. Demikian juga dengan sakit penyakit, dan sebagainya. Mereka bisa disembuhkan dalam nama Yesus. Katakan saja dengan yakin dan tegas, perintahkan agar Roh mau menyembuhkannya. Jangan biarkan keraguan ada dalam hati kita. Dan Tuhan akan memberikannya. Selamat melayani! Tuhan itu Luar Biasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar