Selasa, 15 April 2014

Pernah terpikir kenapa orang gila bisa jadi gila?

Pernah mikir ga, kenapa orang gila bisa jadi gila? Mereka pasti punya alasan.. mungkin dunia yang terlalu kejam padanya, hingga mereka tidak kuat menananggung beban itu.
Tadi aku kan ke toko nya papa. Ya biasa bantu jaga klo malem. Malem papa masih sempetin buka toko, soalnya justru kadang langganan lebih suka beli waktu toko mereka tutup, waktu malam.
Nah pas aku jaga ada pelanggan yang namanya kaji mona. Aku bakal ga tau lak dia stress lak ‘em ga crita. Beberapa keunikan yang aku dapet :
1.       Dia suka banget nyanyi. Aku awalnya berfikir dia adalah orang normal, begitu tau dia menyambut mama hangat.
2.       Setelah di kasih tau em, aku mulai menyadarinya, “iya ya..emang agak ga normal tingkah e..isa nyanyi2..campur sarian..” ya masio aku pun kadang diem2 isa nyanyi2 dewe..ups!
3.       Katanya papa, dee dulunya kaya, punya toko besarrr... wahh.. Luar biasa..tapi sayangnya itu dulu.
4.       Begitu tau dia bilang lak dia ga punya anak, aku turut prihatin.. aku mencoba berfikir, apa dia juga ga punya suami?
5.       Waktu ngeliat kji Ana, dia bilang “enak sana, bangun ada sing ngoncoi, lah aku ndak duwe anak, ndak duwe bojo” tapi sambil ketawa. Memprihatinkan.
6.       Tapi aku liat, dia semangat banget... dari awal sampe akhir ga berhenti crita, ketawa, nyanyi2. Dia ngomong semua apa adanya ceplas ceplos, tanpa ada beban, semua yang seharusnya membuatnya menderita ia ceritakan dengan tertawa, luar biasa! Kadang tidak berfikir (*jadi orang gila) itu mengurangi kepahitan hidup.
7.       Yang bikin dia bisa disebut gila itu karena dia bersikap aneh. Ga ada apa-apa nyanyi, nge mc, ngedakwah, ngajak ngomong engkong(almrhum). Ngaku2 sebagai pacarnya pula. Terus manggil pak Hari dengan ‘sayang’. Cerita terus tiada henti, “aku lak nyanyi pake kaca mata item, jadi lak nangis biar ga keliatan, kan biar menghayati gituu”
8.       Ngakak waktu ngomong sama papa gini,
 “Oei, anakmu tak pek e satu ya..”(mksud e sinyo)
“ya ambilen” sambil ketawa tentunya.*
“nak kamu ikut bunda ya..” dee bilang gitu ke sinyo.
Sinyo yang membalas dengan lirikan+cengiran, langsung di nyanyikan mbe dia, “lirikan matamu menarik hatii..” +dengan gerakan dan senyuman nyanyian.
Wuakakaka... mungkin nyanyi gitu dalam batas yang wajar itu bisa masih dikategorikan normal, tapi ini ada tahu pun dinyanyiin.
9.       Nah yang aneh, dia itu taat banget beragama lohh.. dia bisa menirukan gaya2 dakwah di tivi. Dia juga selalu menyebut nama Tuhan sebagai Tuhan yang besar.
10.   Dia juga berkata, “lak sana ada suami, lak aku mbe sapa? Ya mbe gusti Allah..” dia masih ingat Tuhan. Tuhan lah yang masih memeliharanya. Dia ndak punya siapa-siapa kecuali Tuhan. Meski orang lain tertawa melihatnya, mengejeknya, tapi dari penampilannya, semua cara hidupnya, semua masih terpelihara dengan baik, itu Tuhan yang jaga dia.
11.   Aku di kasih tau mama yang sebenarnya, mama tau dari dia langsung. Dia itu menikah sama bapak2 kaya, yang beda umurnya cukup jauh. Waktu bapaknya itu meninggal, mereka ga punya anak. Karena kaya, hartanya jatuh ke tangan nya tentunya. Tapi saudara kandungnya sendiri (aku lupa adik atau kakaknya) merebut harta kekayaannya itu. Bahkan mengusirnya. OMG!
12.   Mungkin kisah itu yang membuatnya jadi begini. Dia dan kehidupan dibaliknya.
13.   Sekarang katanya sih dia buka toko, ndak pake tenaga pembantu. “lak pembantu mau pulang ya pulango.. wong mreka punya bojo, anak seng diurusi.. lah lek aku sapa sing ta urusi?” lagi-lagi dia membahas itu.
14.   Toko yang dijalankannya aku ga tau segede apa, tapi dia buka setiap hari nonstop. Hari libur juga buka. Apa yang dia cari di kehidupan ini slain duit?~ katanya, seminggu bisa setor 10 juta. Wow.. luar biasa...


(ditulis tahun 2011) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar